Contact us on (0322) 322356

Detail

MUBALIGH HIJRAH MAHASISWA UMLA

Example blog post alt

UMLA NEWS. Pelepasan Mubaligh Hijrah sebanyak 52 orang bertempat di Masjid Ki Bagus Hadikusumo oleh Rektor Umla Dr Aziz Alimul Hidayat SKep Ns MKes. Tiga desa tujuan, yaitu Desa Sengowareng, Cangkring, dan Bronjong.

Presiden BEM Umla Fikri Nuruddin Fadhil yang ikut program dakwah ini menjelaskan, kegiatan Mubaligh Hijrah dilaksanakan selama sepekan. Mulai Jumat, 8 April sampai 14 April 2022. Di tempat tugas para mubaligh mahasiswa ini menjadi imam shalat fardhu dan tarawih, mengisi kajian tarawih dan Subuh di masjid desa.

Mereka juga diminta mengajar anak-anak di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), mengisi pengajian akbar, dan mengadakan buka puasa bersama. Di hari lain ada jadwal mengadakan pengobatan gratis, serta memberikan bantuan sembako (baksos) yang dikoordinasi dengan universitas.

Kepala Lembaga Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LABAIK) Tatag Satria Praja SPdI MPdI menjelaskan, Mubaligh Hijrah merupakan program tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

Pesertanya anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Sebelum mahasiswa terjun ke masyarakat, mereka mengikuti pelatihan dengan bekal materi berdakwah di masyarakat.

”Tujuan kegiatan ini mencetak kader-kader muda Muhammadiyah untuk berdakwah, mengabdi ke masyarakat dengan pengetahuan agama,” katanya.

”Mahasiswa yang aktivis program ini mendapatkan reward berupa konversi nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan juga mendapatkan sertifikat ikut berdakwah di program ini,” sambungnya.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 52 mahasiswa. Mereka adalah peserta dari BEM antara lain Fikri,  Azzah, Siti, Ekana, Nur Ikhsan, Fitria, Ainun, Nikita, Syafiqoh, Amanda, Safirani, Nilam, Umar, Aminur, Fadhli, Emilia, Riza, Fatimatuz, Yousikha, Fakhriatul.

Peserta dari IMM Ibnu An-Nafis: Anggi, Silvia, Rafida, Fadilla, Devita.

Dari DPM: Ryan, M. Muzaki, Riza Kurniawan, Regita.

Dari BEM Fikes: Siti Avita, Farisa, Rahmati, Laelia, A. Gofur.

Dari BEM FSTP: Emy, Elysa, Indah, Khusnatul, Rahayu.

Dari BEM FEB: Amirul. Dari IMM  al-Iskandariyah: Salman, Husni, M. Hafidz, Seviatin, Ziyadatul, Diana, Alfin, Filliana, Shinta, Uswatun, dan Imam Hanafi. (Sulistiyowati/UMLA NEWS)