Contact us on (0322) 322356

Detail

KKN profesi Ners Universitas Muhammadiyah Lamongan di daerah Labuhan Brondong

Example blog post alt

Senin, 18 Maret 2019 tepat pukul 15.05 WIB Para mahasiswa profesi Ners Universitas Muhammadiyah Lamongan yang sedang melakukan praktek keperawatan komunitas atau sering kita kenal dengan sebutan KKN di daerah Labuhan Brondong sedang melakukan aksi sadar bersih desa dan bersih pantai. Kegiatan ini melibatkan para warga desa Labuhan setempat dan para perangkat desa, kegiatan ini menjadi salah satu program kerja mingguan dari mahasiswa profesi Ners yang sedang melakukan praktek komunitas. Kegiatan ini dilakukan bertujuan agar lingkungan khususnya daerah tepi pantai terbebas dari berbagai macam sampah dan agar terlihat bersih dan indah, dimana aksi sadar bersih desa dan bersih pantai ini dilakukan disekitar pantai kutang, tepi pantai desa labuhan dan sekitar gedung serbaguna desa Labuhan.

Terlihat puluhan warga beserta perangkat desa dan seluruh Mahasiswa profesi Ners Universitas Muhammadiyah Lamongan mengikuti kegiatan aksi sadar bersih desa dan bersih pantai ini dengan antusias dan bersemangat.

Menurut ketua kelompok besar komunitas Ahmad Faris kegiatan ini dapat menjadikan salah satu jalan sillaturrahmi antara mahasiswa dengan warga desa Labuhan serta dapat memupuk kesadaran masyarakat dalam menciptakan dan menjaga lingkungan sekitar desa yang asri. “Aksi sadar bersih desa dan bersih pantai ini, dapat menjadikan mahasiswa untuk bisa lebih dekat lagi dengan warga dan dapat bekerja sama dalam menciptakan dan meningkatkan desa yang peduli dengan kebersihan dan kesehatan lingkungan” Tegas faris.

Aksi sadar bersih desa dan bersih pantai ini disambut positif dari Kepala Desa, menurtnya kegiatan ini sudah lama tidak dilakukan oleh masyarakat setempat, namun dengan adanya mahasiswa praktik keperawatan komunitas profesi Ners Universitas Muhammadiyah Lamongan ini dapat memberikan motivasi dan semangat dari para warga Labuhan setempat untuk menggalakkan aksi bersih desa dan bersih pantai tersebut.

“Saya bangga dengan adanya kegiatan Mahasiswa profesi Ners Universias Muhammadiyah Lamongan ini, yang sedang melakukan aksi sadar bersih desa dan bersih pantai bersama para warga semoga ini dapat dijadikan contoh dan panutan dari para warga untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan lingkungan yang sehat”. Tutur Afnan Efendi (Kepala Desa Labuhan)

Sepanjang kegiatan para mahasiswa juga menyediakan air minum bagi para mahasiswa dan warga yang mengikuti aksi sadar bersih desa dan bersih pantai ini. Antusias sangat terlihat dari para mahasiswa dan warga setempat.

Setelah semua selesai kemudia sampah yang dibawa dalam karung atau kresek merah dikumpulkan menjadi satu dan diangkut oleh mobil bak sampah yang sudah disediakan oleh mahasiswa profesi Ners Universitas Muhammadiyah Lamongan sebelumnya kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir. Kegiatan diakhiri dengan kumpulnya para mahasiswa dan warga ditepi pantai untuk beristirahat yang bertepatan pada pukul 17.00 WIB.