Contact us on (0322) 322356

Detail

Hebat, Tim Dosen Prodi S1 Fisika UMLA Mendapatkan Hibah Dari Risetmu Majlis Diktilitbang PP Muhammad

Example blog post alt

LAMONGAN–  Membanggakan, Tim dosen fisika mendapat hibah pengabdian kepada Masyarakat dari RisetMu dengan judul “Upaya Pencegahan Eye Fatigue Melalui Evaluasi Intensitas Pencahayaan (Illumination Level) pada Perpustakaan di Universitas Muhammadiyah Lamongan”

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Uswatun Chasanah M.Si dengan beranggotakan Mala Rosa Aprilliya M.Kom dan Aris Widodo M.Si. PKM ini dilaksanakan di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Lamongan.

PKM ini dilakukan untuk mengevaluasi pencahayaan pada ruang perpustakaan Universitas Muhammadiyah Lamongan apakah sudah sesuai dengan SNI 03-6197-2000. Sehingga hal ini dapat mengurangi efek dan mencegah eye fatigue pada pengguna ruang perpustakaan. Pada PKM ini juga menerapkan Teknologi Tepat Guna (TTG), yakni teknologi pengatur pencahayaan ruang perpustakaan yang berbasis sensor Cahaya dan terintegrasi IoT.

Wow, Tim Dosen Fisika Prodi S1 Fisika Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) Mendapatkan Hibah Pengabdian Masyarakat Dari Risetmu Majlis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Skema Pengabdian Pengabdian Kepada Masyarakat Dilingkungan Persyarikatan 1

Kegiatan PKM dosen UMLA.

Adapun kegiatan pada PKM ini diantaranya ialah:

  1. Focus Group Discussion
  2. Pengukuran Tingkat Pencahayaan Ruang Perpustakaan dan Penyuluhan
  3. Pencocokan data intensitas pencahayaan dengan SNI 03-6197-2000 tentang Konservasi Energi pada Sistem PencahayaanPenyuluhan kepada mitra dalam hal intensitas pencahayaan (Illumination Level) pada ruang kerja serta hubungannya dengan kelelahan mata
  4. Perancangan sistem pencahayaan ruangan berbasis sensor dan IoT dan peta kontur intensitas pencahayaan

Dari kegiatan PKM yang juga mengimplementasikan teknologi TTG ini diharapkan mampu mengurangi adanya risiko eye fatigue pada pengguna perpustakaan UMLA khususnya para mahasiswa. (alfain)