header-int

Pembinaan Kemahasiswaan

Posted by : Administrator
Share

Pembinaan bidang penalaran dan kreativitas

Bidang penalaran dan kreativitas mempunyai peran dalam memberdayakan mahasiswa agar mampu menginterpretasikan keilmuannya, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan dan mengembangkan wacana ilmiah, keprofesionalan dan akademik. Pembinaan di bidang penalaran adalah upaya mengembangkan intelektual dan mempertajam daya kritis mahasiswa agar mereka memiliki sikap cendekia sekaligus menjadi bagian kepribadiannya. Kegiatan yang dilakukan bidang penalaran adalah berbagai kegiatan yang bernuansa akademik dan keprofesian sebagai upaya peningkatan kemampuan akademik dan profesi mahasiswa serta mengadakan berbagai kegiatan yang bernuansa ilmiah sebagai upaya meningkatkan kemampuan intelektual.

Kegiatan yang dikembangkan oleh bidang penalaran dan kreatifitas adalah:

  1. Seminar, diskusi, lokakarya

Pertemuan mahasiswa yang diselenggarakan untuk membahas suatu masalah atau topik ilmiah.

  1. Kuliah umum

Kegiatan perkuliahan yang dihadiri oleh berbagai disiplin ilmu (program studi) dengan pemateri antara lain adalah pesohor, pengusaha, ahli, ilmuwan, guru besar, penemu, pejabat pemerintah, pejabat negara, presiden, baik dari dalam negeri maupun dalam negeri

  1. Lomba Karya Ilmiah

Kompetisi yang dilakukan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan serta sikap ilmiah mahasiswa. Kompetisi dilakukan melalui Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Layanan ini memfasilitasi mahasiswa dalam proses pengajuan hibah PKM melalui sistem yang sudah disediakan oleh Kemenristek Dikti. Tim PKM dibentuk oleh masing masing program studi dengan pembimbing yang ditunjuk oleh Ketua Program Studi.

  1. Pendidikan dan pelatihan dasar (DIKLATSAR)

Suatu kegiatan wajib yang harus di tempuh calon anggota organisasi mahasiswa

  1. Pemilihan mahasiswa berprestasi (Mawapres)

Mawapres dilaksanakan dalam rangka memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang telah mencapai prestasi yang tinggi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik

  1. Latihan Kepemimpinan

Membangun jiwa kepemimpinan mahasiswa. Kegiatan berupa Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM), Latihan Instruktur Dasar (LID)

  1. Majalah dinding dan jurnalistik

Merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih ketrampilan dalam bidang jurnalistik/ tulis menulis. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengekspresikan ide dan informasi yang dimiliki melalui majalah dinding maupun ke masyarakat lebih luas.

  1. Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa

Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa dilaksanakan sesuai dengan bidang keilmuan dan profesi yang dipilih. Mahasiswa dibina oleh dosen sekaligus sebagai partner dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakata bersama. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat mahasiswa dilombakan pada kompetisi penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat universitas, regional dan bahkan tingkat nasional. Kegiatan tersebut berguna memotivasi mahasiswa agar mencintai ilmu dan melatih ketekunan mereka dalam melakukan penelitian.

Terkait pembinaan kemahasiswaan

UMLA Universitas Muhammadiyah Lamongan | JL Raya Plalangan Plosowahyu KM2 Lamongan
© 2020 Universitas Muhammadiyah Lamongan Follow Universitas Muhammadiyah Lamongan : Facebook Twitter Linked Youtube