header-int

Fisika (S1)

Posted by : Administrator
Share

VISI, MISI, DAN TUJUAN PROGRAM STUDI

1. VISI Program Studi

Menjadi program studi Fisika yang inovatif dan professional dalam bidang ilmu Fisika konsentrasi Geofisika, Material, Medis dan Instrumentasi (GeMeLins) yang berlandaskan nilai-nilai islami.

   a) Inovatif

Makna “Inovatif” dalam visi program studi adalah adalah mencurahkan segala kemampuan diri dalam berfikir untuk menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang baru untuk kemaslahatan ummat.

    b) Profesional

Makna “Profesional” dalam visi program studi adalah lulusan mempunyai kompetensi sesuai dengan profesinya masing- masing baik dalam aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan serta berpegang teguh pada nilai moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan.

     c) Geofisika, Material, Medis dan Instrumentasi (GeMeLins)

Merupakan empat bidang pemintan yang dikembangkan di program studi S1 Fisika fakultas Saintek UMLA. Bidang Geofisika memainkan peranan penting dalam seluk beluk bumi dan lingkungannya dengan memanfaatkan kaidah-kaidah fisika dan metode matematika. Ilmu Geofisika berusaha mencari tahu dan menjelaskan fenomena fisika yang terjadi di bumi dan lingkungannya sekarang dan masa lalu untuk bisa memproyeksikan fenomena yang akan terjadi pada masa depan. Keilmuan Geofisika juga berperan dalam hal pengembangan teknologi untuk pemanfaatan sumberdaya bumi dan lingkungan alam, mitigasi bencana kebumian yang menjadi isu strategis nasional. Bidang Material membidik pengembangan dan komersialisasi material maju untuk mensuplai kebutuhan industri strategis nasional, diantaranya adalah teknologi lapisan tipis, sensor inframerah, filter radiasi, sel surya organik, material penyimpan energi, dan nanoteknologi. Bidang fisika Medis mempelajari penerapan prinsip-prinsip fisika untuk kepentingan kesehatan dan pengobatan. Cakupannya antara lain adalah diagnostik radiologi, yaitu penggunaan radiasi untuk mendiagnosa penyakit pada pasien melalui X-Ray/Rontgen/CT- Scan, Ultrasonography (USG); dan Terapi Radiasi. Adapun bidang Instrumentasi fokus pada pengembangan detektor dan instrumen untuk telemetri dan deteksi jarak jauh.

      d) Islami

Makna “Islami” dalam visi program studi adalah integritas menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman (Islamic values) dalam setiap perilaku dan peduli terhadap kesejahteraan masyarakat serta perubahan dalam setiap aspek kehidupan di lingkungannya.

2. MISI Program Studi

  1. Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan pendidikan di bidang ilmu Fisika konsentrasi Geofisika, Material, Medis dan Instrumentasi (GeMeLins) yang berkualitas dan berlandaskan islam untuk membentuk cendikiawan muttaqin.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian di bidang fisika yang inovatif, bermutu, orisinil, serta bermanfaat bagi nusa dan bangsa.
  3. Memanfaatkan hasil kajian-kajian ilmiah dan penelitian ilmiah di bidang fisika yang telah dilakukan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  4. Membangun kepercayaan dan kerjasama dengan beragai pihak baik di tingkat nasionalmaupun internasional untuk meningktakan kualitas pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi.

3. TUJUAN Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul (perilaku, sikap mental, kepemimpinan) dan kompeten (pengetahuan, ketrampilan, kreativitas dalam penyelesaian masalah) sehingga mampu bersaing secara global dalam dunia kerja maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Menghasilkan karya penelitian yang inovatif, bermutu, orisinil yang dipublikasikan secara ilmiah dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa dan berkontribusi dalam percepatan pembangunan nasional.
  3. Menghasilkan produk pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendorong kemandirian dan peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan berbasis keunggulan di bidang ilmu Fisika dan terapannya yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.
  4. Terwujudnya tata kelola program studi yang baik, efektif, efisien dan produktif dengan dilandasi sikap partisipatif, akuntabel dan transparan.
  5. Terwujudnya kerjasama yang strategis, sinergis dan berkelanjutan di tingkat nasional dan internasional untuk meningkatkan daya saing di tingkat global.

UMLA Universitas Muhammadiyah Lamongan | JL Raya Plalangan Plosowahyu KM2 Lamongan
© 2020 Universitas Muhammadiyah Lamongan Follow Universitas Muhammadiyah Lamongan : Facebook Twitter Linked Youtube