Contact us on (0322) 322356

Detail

Seri Kultum : Jangan pernah melupakan sejarah,

Semoga dengan taklim yang sederhana ini, Allah memberikan rejeki yang banyak dan halal, kesehatan yang paripurna, melepaskan kita dari beban pikiran yang membuat kita tidak nyaman dan juga memberikan kesuksesan dan keberkahan dunia akherat untuk kita semuanya,aamiin.

Jangan pernah melupakan sejarah, termasuk sejarah para nabi dan rasul, tetapi tetaplah kita harus belajar dari ahlinya, bukan hanya dari media sosial yang sekarang ini banyak menjadi rujukan kita, contoh : misalnya tentang hadist, (mbah Google, tidak akan pernah bisa menjelaskan hadist itu dhoif, palsu atau shahih), dan yang benar-benar bisa menjelaskan adalah ustadz dan Kiai yang memang ahli dibidangnya!

Bukankah ada hadist yang mengatakan: " Jika urusan diserahkan bukan pada ahlinya, maka tunggulah kehancuranya" (HR. Bukhari, No. 6015).

Sejarah mengatakan bahwa saat zaman sebelum rasul Muhammad SAW, bagi kaum-kaum yang ingkar terhadap ajaran rasul biasanya kontan langsung mendapatkan azab dan balasan dari Allah baik didunia lebih-lebih di akherat, contohnya : kaum nabi Luth, kaum nabi Nuh dll, tetapi kalau umat nabi dan Rasul Muhammad, banyak yang ditangguhkan meskipun banyak ajaran, dan mungkin kebanyakan juga ingkar dan tidak sesuai dengan ajaran dan sunah rasul, tapi semuanya tidak akan pernah lepas hitunganya saat nanti dikherat dan hisab dihari pembalasan kelak..Wallahualambishawwab.

Monggo semuanya saja agar tidak berleha-leha dan lebih bersemangat lagi dalam beribadah dan beramal shaleh dan selalu berusaha untuk selalu berbuat baik dan selalu berbuat baik..bismillah..aamiin.

(Intisari kultum setelah shalat dhuhur Masjid Kibagus Hadikusumo Universitas Muhammadiyah Lamongan, 01 September 2021).

Ustadz Khubby Mulyono , Lc., MA