Contact us on (0322) 322356

Detail

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa D3 Farmasi di Kecamatan Ngambon Bojonegoro.

Example blog post alt

Pada tanggal 28-30 Januari telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Nglampin Kecamatan Ngambon Kabupaten Bojonegoro oleh Mahsiswa Bojonegoro Ndek Semarang (Mabes) yang bekerja sama dengan tiga orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pemberian sosialisasi kepada masyarakat khususnya kepada ibu-ibu tentang tanaman toga dan alat pengusir nyamuk. Selain itu kegiatan dilaksanakan disekolah dalam bentuk pengajaran dimana setiap kelas diberikan kegiatan sesuai dengan tingkat kelasnya disisi lain semua siswa sekolah dasar diberikan materi mengenai apocil (Apoteker cilik). Tidak hanya itu kegiatan outbond untuk anak anak dan outbond untuk ibu ibu dan tak lupa juga ada kegiatan sowan bersama pemuda desa atau biasa dikenal dengan karang taruna. Dan akhir kegiatan ditutup dengan acara pentas seni sekaligus penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba di acara outbond.

Kegiatas Pengabdian Kepada Masyarakat  Mahasiswa D3 Farmasi di  Kecamatan Ngambon Bojonegoro


Kegiatan sosialisasi tanaman toga dan alat pengusir nyamuk  diikuti oleh 43 ibu ibu di Dusun Nglampin, pada saat sosialisasi ibu-ibu diberikan materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka saat ini dimana letak gografis yang terpencil dan jauh dari pelayanan umum khususnya puskesmas ataupun rumah sakit menjadikan materi tentang tanaman toga bisa menjadi alternative. Dan alat pengusir nyamuk juga dapat bermanfaat karena pemukiman masyarakat di tengah-tengah hutan dan sekarang musim hujan menjadikan sosialisasi alat pengusir nyamuk dapat bermanfaat untuk mencegah nyamuk. 
Guna menyelenggarakan penyuluhan pemanfaatan tanaman herbal sebagai TOGA, kami berkunjung ke rumah ibu-ibu untuk mengundang ibu-ibu agar mengikuti sosialisasi yang kami adakan. Melihat tanggapan ibu-ibu dusun mundu sangat senang dan antusias untuk mengikutinya. Sosialisasi dimulai pukul 14.00 wib. Dengan pemateri yang berasal dari 3 Mahasiswa universitas Muhammadiyah Lamongan. Sosialisasi ini mengedukasi tentang tanaman obat keluarga, mengajak masyarakat sadar akan kesehatan melalui menanam serta memberikkan manfaat dan khasiat yang terkandung dalam tanaman obat. sosialisasi berjalan dengan lancer dan baik, antusias akan topic pemanfaatan herbal sebagai Toga ini menarik minat ibu-ibu untuk berdiskusi lebih lanjut,

Kegiatas Pengabdian Kepada Masyarakat  Mahasiswa D3 Farmasi di  Kecamatan Ngambon Bojonegoro

Sosialisasi kesehatan ini merupakan gabungan kerjasama dengan pihak ibu-ibu pengajian di dusun mundu dan didukung oleh ibu kepala dusun. Serta bekerja sama dengan Mahasisa Bojonegoro Ndek Semarang (Mabes). Dimana Mabes memberikan sosialisasi tentang alat pengusir nyamuk sederhana.


Acara pengabdian berlangsung selama 3 hari, dan dibuka secara resmi oleh kepala sekolah SDN Nglampin 3 dangan tak lupa mengundang kepala Dusun mundu. Dan penutupan acara ditutup secara resmi oleh Kepala Dusun mundu sekaligus pemberian kenang kenangan kepada kepala dusun mundu serta pemberian donasi. Kegiatan ini sangat baik dilakukan sebagai implementasi dari kegiatan tri darma perguruan Tinggi