Contact us on (0322) 322356

Detail

FSTP UMLA Menghadirkan Dosen UNIMAP Malaysia Untuk Membahas Biocomposite Green Building Material

Example blog post alt

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam bidang Teknologi Industri dan Biomaterial, Rabu (21/2) Fakultas Sains Teknologi dan Pendidikan (FSTP) Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA) mengadakan Guest Lecture bertemakan “Biocomposite as Green Building Materials in Reducing Environmental & Human Health Impacts”. Guest Lecture ini dihadiri oleh Assoc. Prof. Ts. Dr. Rozyanty binti Rahman yang didatangkan langsung dari University Malaysia Perlis (UNIMAP).

FSTP UMLA Hadirkan Dosen UNIMAP Malaysia Bahas Biocomposite Green Building Material 1

Suasana kuliah tamu bertemakan “Biocomposite as Green Building Materials in Reducing Environmental & Human Health Impacts”. Guest Lecture ini dihadiri oleh Assoc. Prof. Ts. Dr. Rozyanty binti Rahman dari University Malaysia Perlis.

Menurut Dekan FSTP UMLA, Eko Handoyo, M.Kom, UNIMAP merupakan salah satu Universitas Negeri di Malaysia yang memiliki peringkat 20 besar ASEAN. Lebih dari 180 mahasiswa mengikuti kuliah tamu ini dari  program studi di FSTP yaitu S1 Biologi, S1 Fisika, S1 PGSD, S1 Teknik Komputer, S1 Teknik Industri, dan S1 Informatika medis.

Selain itu juga dihadiri mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan UMLA yaitu D3 Farmasi dan S1 Farmasi yang juga memiliki keterkaitan dengan biomaterial di bidang medis.

FSTP UMLA Hadirkan Dosen UNIMAP Malaysia Bahas Biocomposite Green Building Material 2

Dekan FSTP Eko Handoyo, M.Kom menyerahkan cindera mata ke Dr. Rozyanty Rahman (narasumber).

Eko Handoyo mengajak para mahasiswa untuk selalu memanfaatkan fasilitas kampus agar mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, terutama yang berasal dari pembicara luar negeri. Sesuai dengan tema guest lecture, Teknologi ramah lingkungan harus dikembangkan, terutama oleh prodi-prodi terkait agar dapat memberikan dampak yang baik bagi alam karena selama ini jurusan Teknik dianggap sebagai profesi yang mengotori industri.

FSTP UMLA Hadirkan Dosen UNIMAP Malaysia Bahas Biocomposite Green Building Material 3

Uswatun Chasanah, M.Si selalu wakil dekan FSTP menyerahkan sertifikat kepada narasumber.

Padahal, tandas Eko Handoyo  jika teknik mampu memilih dan memilah dengan baik dan memanfaatkan sumber daya yang ada, maka profesi Teknik justru dapat menjadi penyelamat kerusakan lingkungan.

Sementara itu, Assoc. Prof. Ts. Dr. Rozyanty binti Rahman memaparkan bahan-bahan biocomposite yang dapat digunakan dalam pembuatan sebuah gedung. Dalam permasalahannya, gedung-gedung di perkotaan banyak terpapar oleh polutan toxic seperti volatile organic compound.

FSTP UMLA Hadirkan Dosen UNIMAP Malaysia Bahas Biocomposite Green Building Material 4

Foto bersama panitia kuliah tamu dengan Rozyanty binti Rahman sebagai nara sumbernya.

Sehingga perlu dikembangkan Green Building Material atau material bangunan yang ramah lingkungan sehingga dapat menangkal polutan masuk ke dalam bangunan yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Selain itu Madam Rozyanty juga menjelaskan potensi Biocomposting, dan paling menarik menawarkan kepada mahasiswa UMLA kesempatan studi lanjut di UNIMAP. Dirinya sangat apresiasi kepada civitas akademika UMLA atas sambutan yang diberikan. “Lamongan tempatnya ramah, dan jauh dari kebisingan kota. Saya juga disambut baik di sini,” ujar Madam Rozyanty.

Sekedar diketahui, UMLA memberikan cinderamata dan sertifikat bagi pembicara, sebagai penghargaan atas materi yang telah diberikan pada mahasiswa UMLA. Harapannya kuliah tamu ini menjadi awal Kerjasama di kemudian hari dengan UNIMAP. (rilis: humas umla)