Contact us on (0322) 322356

Detail

Green Idul Adha UMLA Dapat Apresiasi Majelis Lingkungan PDA Lamongan

Example blog post alt

Ada yang berbeda dari pelaksanaan idul Adha 1444 Hijriah di Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA). Perbedaan itu disampaikan panitia Idul Adha UMLA, ustadz Fakhruddin Arrozi,  S.HI, MS, menjelaskan tematik Idul Adha kali ini adalah Green Idul Adha.

Tema tersebut sudah menjadi topik dalam shalat Idul Adha di halaman masjid UMLA Ki Bagus Hadikusumo dengan khatib Dosen UMLA ustadz Tatag satria Praja, M.Pd, sedangkan imam shalat Idul Adha adalah mahasiswa UMLA atas nama Muhamad Adurrohim Al Qorni.   

Green Idul Adha UMLA Dapat Apresiasi Majelis Lingkungan PDA Lamongan 1

Pembungkus daging hewan qurban green Idul Adha UMLA dari besek serta diberi alas daun pisang agar daging tetap segar.

Dijelaskan ustadz Fakhruddin jumlah hewan yang disembelih saat Idul Adha di UMLA tahun ini sebanyak tiga sapi dan satu kambing. Satu sapi berasal dari tujuh shahibul qurban (muqorobin)  yakni rektorat dan dekanat. Sedangkan dua sapi lainnya dari urunan sedekah civitas akademika dosen, tendik (tenaga pendidik), dan mahasiswa. Sedangkan satu kambing dari satu dosen.

Qurban di UMLA dilaksanakan mulai jam 07.00 sampai 11.15 WIB, daging hewan qurban di distribusikan ke masyarakat sekitar UMLA, warga Plalangan, Pesantren Al-Muttaqin Tikung, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Tikung, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Turi, Pondok Pesantren Fathul Quran Sukodadi, Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) Putra dan Putri Babat, Pesantren Putra dan Putri Babat, serta masyarakat Ngimbang. Total sebanyak 450 paket daging.

Green Idul Adha UMLA Dapat Apresiasi Majelis Lingkungan PDA Lamongan 2

Menariknya, tandas ustadz Fakhruddin merujuk pada tema Green Idhul Adha maka semua daging hewan qurban dibungkus non plastik. Yakni besek (kotak bungkus yang terbuat dari anyaman bamboo sedemikian rupa). Di dalam besek tersebut diberi dasar potongan lembar daun pisang sesuai ukuran besek untuk menjaga agar daging tetapm dalam keadaan segar ketika diterima masyarakat.

Sementara itu, Dosen UMLA sekaligus anggota lingkungan hidup PDA Lamongan,  Dr. Virgianti Nur Faridah, M.Kep,  mengapresiasi pelaksanaan Idul Qurban di UMLA telah mendukung upaya green Idul Adha sesuai SK PP Aisyiyah No. 019/PPA-N/VI/2023 tentang seruan green Idhul Adha. salah satunya dengan menggunakan besek dalam pembagian daging dan memakai alas daun pisang untuk alas saat penyembelihan.

Green Idul Adha UMLA Dapat Apresiasi Majelis Lingkungan PDA Lamongan 3

Panitia kompak penyembelihan hewan qurban di UMLA.

“Kami berharap green Idul Adha ini menjadi program setiap tahun untuk menyelamatkan lingkungan dari sampah plastik,” ujar Virgianti. (rilis: humas umla