Contact us on (0322) 322356

Detail

UMLA MERAIH PERINGKAT 36 PEMERINGKATAN KEMAHASISWAAN MELALUI SIMKATMAWA 2021

Example blog post alt

UMLA News. Umla meraih peringkat 36 besar tingkat nasional dalam pemeringkatan kemahasiswaan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemdikbud Riset, Selasa (6/12/21). Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla) Abdul Majid SE MM mengatakan ini prestasi membanggakan karena sebelum ini juga memperoleh prestasi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Afirmasi 2021.

“Raihan peringkat 36 besar ini disampaikan melalui Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) Tahun 2021 pada www.simkatmawa.kemdikbud.go.id,” ujarnya. Abdul Majid memaparkan pada tahun sebelumnya, Umla memperoleh peringkat 69 nasional, peringkat 9 Nasional PTM/PTMA, dan peringkat 4 Jawa Timur. “Prestasi ini sangat membanggakan buat Umla apalagi di miladnya yang baru menginjak tiga tahun pada tanggal 12 Oktober 2021. Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan seluruh civitas akademika,” katanya. Abdul Majid mengatakan bahwa prestasi ini merupakan kerjasama yang baik dari berbagai lembaga, biro, unit, fakultas dan program studi (prodi) yang ada di Umla. “Penilaian ini didasarkan pada aspek laporan dokumentasi manajemen institusi, pelaporan kegiatan MBKM, penilaian prestasi kemahasiswaan mandiri, dan penilaian prestasi kemahasiswaan Kemendikbud,” jelasnya.

Rektor Umla Dr Abdul Aziz Alimul Hidayat MKes mengatakan bahwa pemeringkatan di bidang kemahasiswaaan melalui Simkatmawa dari tahun ke tahun, Umla menunjukkan progres yang signifikan. “Tidak mudah tentunya bagi perguruan tinggi yang relatif baru tiga tahun, namun sudah sejajar dengan pergurun tinggi yang sudah berusia puluhan tahun,” katanya.

Dia mengungkapkan tentu prestasi tersebut tidak lepas peran dari semua civitas akademika yang telah melakukan pola pembinaan di bidang kemahaiswaan dan tentu juga dalam proses pembelajaran. Kesemuanya, lanjutnya, juga tidak lepas dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memiliki pengaruh yang cukup baik dalam proses pembelajaran. Tentu aktivitas selama ini perlu tetap ditingkatkan.

Abdul Aziz hidayat menjelaskan hal yang sangat dibutuhkan lagi adalah regulasi dan strategi yang baru untuk meningkatkan prestasi tersebut. Namun hal tersebut akan segera kita evaluasi lagi titik lemahnya untuk diperbaiki. “InsyaAllah tahun depan, prestasi Umla akan meraih menjadi nomor 1 di liga 3 karena kami yakin beberapa program hibah Kampus Merdeka kita juga peroleh, baik program afirmasi digitalisasi mapun hibah pembelajaran kolaboratif berorientasi penelitian dan pengabdian,” ujarnya.

Rahmatia Mikakim, mahasiswa asal papua mengaku sangat bangga dan bersyukur telah menjadi bagian dari keluarga besar Umla.“Umla terkenal dengan biaya yang terjangkau tetapi fasilitas yang disuguhkan sangat luar biasa,” katanya. Dia mengajak calon mahasiswa yang saat ini duduk di bangku SMA kelas XII untuk bergabung bersama Umla dalam penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022-2023 karena menyediakan segala fasilitas. Termasuk juga beasiswa yang dapat menunjang berprestasi dan mengembangkan minat serta bakat. Sulistiyowati/Lesikom