header-int

KUIK TALK How to Get International Scholarship

Selasa, 19 Jan 2021, 11:20:33 WIB - 94 View
Share
KUIK TALK  How to Get International Scholarship

Sabtu, 16 Januari 2021, Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Setiap pelajar pastinya menginginkan mengenyam Pendidikan dengan baik. Banyak pelajar ataupun mahasiswa di Indonesia ingin mengenyam Pendidikan diluar negeri dengan mendapat beasiswa. Hal tersebut merupakan sebuah impian yang sulit bagi seseorang yang belum mengerti cara-cata dan tips dalam mendapatkan beasiswa luar negeri.
Pada tanggal 16 januari 2021, universitas Muhammadiyah lamongan mengadakan webinar dengan tema KUIK TALK 2- UMLA GO INTERNAISONAL “How to get internasional schorlarship”. Disini kita diajak untuk bangkit dari mindset bahwa kuliah diluar negeri itu susah. Webinar kali ini diadakan oleh Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama UMLA. Acara webinar dimulai pada pukul 13.00 wib hingga selesai. Pada acara pertama yakni pembukaan dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-quran. Setelah itu, yakni sambutan dari bapak dr. masram. Beliau menjelaskan tentang beasiswa merupakan bantuan untuk membantu mahasiswa dalam hal keuangan dan di KUIK ini membantu mahasiswa ataupun Dosen untuk belajar ke luar negeri. Dengan beasiswa mahasiswa dan dosen akan lebih mudah dalam hal mencari pekerjaan, menambah relasi, mendapatkan prestasi yang menonjol dan juga dapat menjadi motivator bagi pencari beasiswa lainnya. 
Setelah sambutan dari bapak dr. masram, acara dilanjutkan dengan pemateri pertama yang dibawakan oleh harnina Samantha. Disini beliau menjelaskan tentang beasiswa di khon khen university. Beliau menjelaskan tentang proses perkuliahan, cara belajar, dan acara- acara internasional lainnya di khon khen university. Beliau juga menjelaskan tentang apa saja yang didapat dari beasiswa di khon khen university. Selain, dapat menimbah ilmu disana kita juga mendapatkan uang penelitian, tiket pesawat pulang-pergi, living cost, dan lainya. Setelah itu beliah memberikan triks dan tips dalam mendapatkan beasiswa luar negeri yang pertama yakni niat, menyiapkan Bahasa inggris dengan baik, memanfaatkan internet untuk memperbanyak koneksi, teliti, yakin, dan yang terakhir adalah do’a. 
Pada pembicara kedua dibawakan oleh Hendra Kurniawan. Beliau membawakan tema Preparing for Cultural Differences and Pass the LPDP Kemenkeu RI Scholarship. Disini beliau menjelaskan tentang pengalaman beliau dalam mendapatkan beasiswa di luar negri khususnya di benua ASIA. Beliau memberikan trik dan tips juga dalam mendapatkan beasiswa luar negeri, yakni yang pertama plan, prepare, dan perfume. Plan disini kita harus merencakan beasiwa apa yang akan kita tuju, lalu universitas mana yang kita inginkan, dan jurusan apakah yang sesuai dengan diri kita. Lalu pada prepare disini beliau menjelaskan tentang apa saya yang harus kita siapkan seperti dokumen-dokumen dan juga persiapkan diri kita dalam berbahasa ataupun adaptasi diri kita nantinya. Dan yang terakhir yakni perfome yang merupakan tahap terakhir yang harus kita lakukan, yakni mendaftarkan diri kita ke beasiswa yan kita tuju. 
Selanjutnya pada pemateri ketiga dibawakan oleh Edza Aria Wikurendra. Disini beliau menjelaskan tentang STUDY IN HUNGARY. Beliau memberikan informasi terkait beasiswa-beasiswa di benua eropa khususnya di negara hungaria. Beliau menjelaskan tentang Pendidikan, kondisi, lingkuangan dan peluang besar yang akan kita dapat di hungaria. Disana banyak sekali beasiswa. Namun, jarang orang tau akan beasiswa di hungaria. 
Ketiga pembicara membawakan materi yang sangat menarik dan informatif sehingga membuat peserta yang hadir begitu antusias dalam mengikuti jalannya webinar, hal ini dibuktikan dari banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan dan membuat suasana diskusi semakin hidup dan menyenangkan. Selain, itu pembnicara juga membuat semangat para peserta dalam menempuh Pendidikan diluar negeri menjadi semakin kuat. Salah satunya yakni peserta dengan nama Dean Al-Kharras yang sangat antusias dalam mengikuti webinar. Saat kami wawancarai akan kesan beliau dalam mengikuti webinar ini menurut beliau sangat bermanfaat, apalagi dimasa pandemic ini, dan juga hal ini dapat menambah wawasan beasiswa luar negeri bagi mahasiswa baru dan juga pemburu beasiswa lainnya. Devita

UMLA Universitas Muhammadiyah Lamongan | JL Raya Plalangan Plosowahyu KM2 Lamongan
© 2021 Universitas Muhammadiyah Lamongan Follow Universitas Muhammadiyah Lamongan : Facebook Twitter Linked Youtube